Publisher ID: pub-5956747228423723 Publisher ID: pub-5956747228423723

Monday 18 May 2015

Tugas dosen

Tugas Dosen dalam Pendidikan dan Pengajaran

Tri Dharma Perguruan Tinggi yang pertama adalah pendidikan dan pengajaran yang menjadi tugas dosen yang utama. Seorang dosen harus mampu memberikan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan spesialisasi dan pendidikannya. Biasanya sesuai dengan jurusan di perguruan tinggi atau ilmu se linier yang ia tempuh dulunya.

Pendidikan dan pengajaran yang menjadi tugas pokok dosen berarti :

Mempersiapkan materi perkuliahan
Merancang dan membuat bahan ajar dan praktek
Membagikan pengalaman dan contoh nyata dalam bidang ilmu yang di ajarkan
Memberikan pondasi untuk pengembangan ilmu selanjutnya
Memberikan solusi dan jawaban tepat atas segala pertanyaan yang diberikan sesuai dengan bidang ilmu yang diajarkan.
Memberikan bimbingan terhadap mahasiswa untuk mengembangkan bidan ilmu yang diajarkan.
Seorang dosen diharapkan dapat memberikan yang terbaik, terutama bagi jurusan kuliah favorit yang mahasiswa nya cukup banyak. Dosen juga harus mempraktekkan cara belajar efektif untuk seluruh mahasiswa.

Tugas Dosen Dalam Penelitian

Tugas dosen yang kedua adalah penelitian sesuai dengan bidang ilmu yang ia kuasai dan pelajari. Seorang dosen tidak hanya memberikan pendidikan, melainkan ia harus memberikan kontribusi dengan melakukan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan terutama ilmu yang ia miliki. Penelitian yang bermanfaat untuk bidang ilmu tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kualitas dosen tersebut.

Tugas Dosen Pengabdian Masyarakat

Tugas dosen sesuai dengan tri dharma perguruan tinggi yang ketiga adalah pengabdian masyarakat. Maksudnya di sini adalah memberikan pendidikan dan berkontribusi terhadap masyarakat sekitar. Pengabdian masyarakat ini dapat berupa hasil penelitian atau pelatihan keterampilan yang diberikan langsung pada masyarakat yang membutuhkan.

Berikut adalah beberapa contoh sederhana mengenai tugas dosen yang satu ini.

Melakukan sosialisasi skil dan ilmu pengetahuan yang mungkin dibutuhkan di masyarakat.
Memberikan training
Berkontribusi pada khalayak umum, seperti menulis hal bermanfaat di media nasional atau media lainnya secara resmi.
Tugas Dosen Saat Ini

Tugas dosen saat ini masih banyak hanya dilakukan pada point pertama saja yaitu pendidikan dan pengajaran. Saat ini beberapa universitas di Indonesia telah meningkatkan syarat menjadi dosen yang baik harus melaksanakan ketiga hal ini harus secara seimbang. Dosen harus melakukan tugas ketiga hal ini untuk memajukan pendidikan di Indonesia dan bersaing untuk kancah internasional. Bagi calon mahasiswa harap memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat dan skil yang dimiliki dan mempelajari prospek kerja yang dapat diserap industri

No comments:

Post a Comment