Marketing Mix yang umum diketahui ada 4 unsur, di mana penelitian terbaru memiliki 9 unsur, namun saya sesuaikan (ringkas) untuk entrepreneur yang pas adalah 7 unsur atau 7P.
Product Marketing
Product Marketing adalah teknik pemasaran dengan menekankan keunggulan atau ciri khas dari produk sehingga produk tersebut bisa dibedakan dari produk yang lainnya. Beberapa contoh penerapan dariproduct marketing ini adalah:
Memberi merk atau brand
Membuat packaging atau kemasan yang lebih menarik dan meyakinkan
Memberikan ketahanan garansi yang bisa dipercaya
Menitikberatkan keunggulan produk/jasa yang tidak ada sebelumnya
Price Marketing
Price Marketing adalah teknik pemasaran dengan menekankan permainan harga yang menbuat orang mendapat persepsi bahwa harga yang dibayarkan setara atau bahkan ‘tidak ada artinya’ dibandingkan dengan manfaat yang didapatkan. Beberapa contoh penerapannya:
Psychological Pricing: Membuat persepsi harga terlihat lebih murah, contoh menuliskan Rp19.900 ketimbang Rp20.000
Bundling Pricing: Membuat persepsi bahwa harga jadi lebih murah karena mendapatkan tambahan produk atau fitur lain.
Penetration Pricing: Melepas produk dengan harga promosi, lalu jika diminati dinaikkan pelan-pelan
Dan teknik lainnya
Place Marketing
Place Marketing adalah teknik pemasaran dengan memperhatikan penempatan lokasi baik secara onlinemaupun offline agar mudah ditemukan calon customer.
Promotion Marketing
Promotion Marketing adalah teknik pemasaran dengan memberikan penawaran khusus untuk membuat calon konsumen merasa bahwa dia harus segera membeli produk atau jasa karena penawaran yang menguntungkan itu terbatas. Contoh:
Beli 1 gratis 2, hingga tanggal sekian sekian’
Menunjukkan testimonial, lalu menjual produk dengan menyatakan bahwa produknya jumlahnya cuma sedikit.
dan lain sebagainya
4P di atas adalah teknik marketing mix paling umum dan paling dikenal. P yang selanjutnya adalah,
People Marketing
People Marketing adalah teknik pemasaran dengan memanfaatkan kekuatan hubungan dengan pelanggan sehingga menciptakan kenyamanan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Ini bisa berdampak pada peningkatan loyalitas pelanggan itu sendiri. beberapa contoh yang bisa dilakukan:
Membuat customer service yang responsif dan ramah
Memberikan smile service
Mengingat nama pelanggan dan merayakan hari istimewanya (seperti misalkan ulang tahun)
dan teknik-teknik lainnya…
Physical Evidence Marketing
Physical Evidence Marketing adalah teknik pemasaran dengan menggunakan media-media fisik yang bisa dilihat atau dibaca orang. Beberapa cara yang paling umum adalah dengan membuat brosur, pamflet, poster, kartu nama, memasang billboard, memasang iklan di bus atau angkutan umum, dan lain sebagainya.
Process Marketing
Process Marketing adalah teknik pemasaran dengan menunjukkan bahwa proses yang dilakukan memiliki perbedaan dibandingkan dengan proses lain pada umumnya. Seperti misalkan mengedepankan sertifikasi, good manufacturing practice, green manufacturing, dan lain sebagainya yang dapat membuat orang tertarik membelinya karena ada keunikan proses di dalamnya. Dalam beberapa hal akhir-akhir ini, mulai diberlakukan pemasaran dengan proses charity, di mana dari satu produk yang dibeli akan disumbangkan 1 produk kepada orang tidak mampu. Bisa juga dengan menyatakan bahwa 10-20% dari total keuntungan akan disumbangkan untuk korban bencana alam.
Alhamdulillah ,puji syukur terhadap Alloh subhanahu wata ala yang telah menganugrahi oksigen yang gratis untuk kita yang telah memberi kita berribu-ribu bahkan berjuta-juta nikmat,kepada kita sehingga kita dapat hidup di dunia ini dengan nikmat serta khikmat. Sholawat serta salam semoga tetap tersanjungkan ke hadiran Kekasih Allah Nabi Muhammad Sholallohu alaihi wasalam,semoga kita kelak mendapat syafaat beliau min yaumil hada illa yaumil kiyamah,aamiin,
Friday, 7 November 2014
Marketing mix
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment