Publisher ID: pub-5956747228423723 Publisher ID: pub-5956747228423723

Thursday 6 August 2015

Respect, Trust, Love 3 Rahasia Rumah Tangga

3 hal tersebut adalah,
Kunci pertama yang disampaikan adalah respect, yaitu sikap saling menghormati antar pasangan. Menghormati antar pasangan mungkin itu sudah jelas, tetapi yang disampaikan budhe selanjutnya adalah : menghormati keluarga pasangan kita merupakan cara terbaik kita menghormati pasangan. Penekanan ini sungguh menarik, karena memang seringkali dalam pernikahan kita tidak sadar bahwa pernikahan itu bukan hanya pernikahan individu, tetapi juga pernikahan dua keluarga besar. Seringkali ego masing – masing keluarga masih menancap dengan kuat. Bagaimana kemudian pernikahan Arry akan langgeng saat Arry respect terhadap keluarga Melinda seperti Arry respect ke keluarga Arry sendiri. Begitu pula sebaliknya.
Simpel, tapi dalem banget.
Menikah, berarti saling percaya bahwa orang yang kita nikahi akan menjadikan diri kita lebih baik. Kata budhe. Untuk itu, jagalah selalu trust dan selalu percaya pada pasangan kita bahwa mereka adalah orang yang terbaik buat kita, dan telah dipilihkan Allah buat kita. Mereka yang tidak percaya bahwa pasangan mereka bukanlah yang terbaik, maka akan terus mencari titik celah dan akan merasa jenuh dengan pernikahan mereka sendiri. Pernikahan juga merupakan amanah, dan amanah paling dasar adalah ketika kita mampu dipercaya dan menjaga kepercayaan.
“Kamu kan biasa memimpin, pasti tahu kan apa saja yang menyebabkan orang trust and be trusted?”
Yup, saya tahu. Dan jawabannya tidak jauh – jauh : menjadi role model (teladan kebaikan), serta menjaga integritas di manapun kita berada.
Ga kalah simpel sama nomor 1, tapi juga dalem banget.
Memutuskan menikah, berarti membawa orang baru masuk ke dalam kehidupan kita. Entah itu adalah istri maupun suami. Nasihat yang ketiga ini kemudian berujung pada satu hal : jagalah cinta.
Jika dibilang cinta, tentu saya mencintai Meliinda. Namun, apakah kemudian saya bisa menjaga cinta itu? Bagaimana cara kita bisa menjaganya? Bagaimana kita bisa menebarkannya? Sederhana sekali,
“Sepanjang pernikahan, jagalah cinta kalian berdua. Semakin lama menikah, semakin senang rasanya jika bertemu dan berjumpa. Menjaga cinta itu mudah, selalu tanyakan pada diri sendiri, apakah aku bisa membuat pasanganku lebih bahagia dibandingkan hari kemarin jika bertemu denganku?”
Dan jangan lupa, cinta bukan hanya untuk istri kita. Tempatkan posisinya sesuai hirarki. Cinta kepada Allah dan rasul yang utama, cinta kepada orang tua selanjutnya, baru kemudian cinta kepada keluarga kita. Menjaga cinta ini bukan hanya berlaku untuk pasangan, tetapi juga,
“Menjaga dan menebarkan cinta kepada Allah.”
“Menjaga dan menebarkan cinta kepada kedua pihak orang tua.”
“Menjaga dan menebarkan cinta kepada keluarga dan pasangan kita. ”
Tanyakan saja pertanyaan tadi, “apakah aku bisa membuat Allah lebih bahagia dibanding kemarin? Apakah aku bisa membuat ayah dan ibuku lebih bahagia dibanding kemarin? Apakah aku bisa membuat suami / istriku lebih bahagia dibanding kemarin? Jika semua dijawab ya, maka itulah cinta.”
So sweet banget.
3 value inilah yang kemudian akan kami pegang dan kami jaga dalam kehidupan pernikahan kami kelak. Visi pernikahan kami adalah pelitacinta, sementara core value kami adalah : Respect, Trust, and Love.
75 hari lagi kami menuju ke sana. Bagi pembaca yang berkesempatan untuk membaca tulisan ini dan mendapat manfaat darinya, kami mohon untuk mendoakan kelancaran keberlangsungan acara kami pada tanggal 28 Maret 2015 di Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang. Informasi lebih lengkap dapat dilihat di website kami, Pelita Cinta. Sekarang Mel sedang mempersiapkan segala sesuatunya di Semarang dan saya bersiap – siap di Bogor. Bila ada hal menarik lainnya, insyaAllah akan saya tuliskan kembali.
NB: Mohon doa untuk dituliskan pada kotak komentar di bawah. Bagi yang mendoakan, saya doakan kembali agar segera cepat menemukan jodohnya bagi yang belum bertemu dan bagi yang sudah, agar diberkahi perjalanan cintanya merajut cita, cinta, dan surga.

No comments:

Post a Comment